Tuesday, July 26, 2005

The Spirit of Gie :P

Pada masa sekarang ini mungkin sebenernya banyak banget yg ngerasa spt Gie. Bedanya kalo Gie cuek aja ngomongin segala protes2nya, sementara kalo kita2 ini paling bisanya nggrundel aja. Karena takut..karena ga mau konflik..karena ga mau dianggap aneh..karena...karena...Argh. Kasian sekali emang si Gie itu. Padahal dia cuman ngungkapin kebenaran, tapi malah dimusuhin orang sedunia, or at least se Indonesia kali. Masalahnya orang gak mau disalahin! Semakin tinggi seseorang, makin makinlah dia gak mau disalahin, apapun yg udah dia perbuat! Akibatnya org2 jadi muna deh. Di belakang nggrundel, misuh2, di depan tak berkutik, cengengesan, yes man. Termasuk gw juga deh kali ya. Walopun gw udah gak mampu sama sekali utk cengengesan sama Ressy. Lho! Kok jadinya ngomongin kantor ya? Abis, itu contoh yg gak jauh2 deh. Di depan cengengesan, ehhhh di blakang misuh2. Plis deh! Percuma misuh2, tapi gak melakukan apa2! Yang penting itu melawan! Heheheh...katanya Gie (catat, bukan melawan org yg cuma ngelakuin tugasnya dan gak mampu ngebalas. Tapi ngelawan penindas yang sebenernya). Sayangnya nyali gw jelas-jelas gak sebesar Gie sih. Ditambah kemampuan verbal gw yg memprihatinkan. Yah, perlawanan gw mgk sebatas gak mau melakukan kemauan bos2 yg aneh2 dan gak tauk diri, gak mau ngerjain kerjaan ORANG YANG BUANG BODI!! Moga2 aja satu saat nanti gw bisa kayak Gie, tapi abis itu pastinya gw bakalan jobless..Hehehehe..

Lalu mengenai masalah agama2 itu. Bener si Gie. Emang gak perlu mengatasnamakan agama. Trus agama lain mo dikemanain? Emangnya idup di Indonesia cuman 1 agama? Boleh2 aja berdalih, ohhh...agama lain juga kita hormatin kok. Tapi pasti tetep aja nanti, agama lain itu jadi warga kelas dua. Gak boleh jadi pemimpin. Kenapa tidak bisa memandang sesama sebagai manusia, sodara, tanpa embel2 agama, bangsa or suku? Liat aja sekarang. Kristenisasi! Yahudi! Fundamentalis! Teroris! Blahblahblah. Selamatkan dan bantulah sodara2 kita para Muslim korban Ambon! Lha emang org Kristen gak ada yg jadi korban di Ambon? Napa juga misalnya gw yg Muslim ini cuman boleh nolongin yg Muslim? Emangnya org Kristen doang yg bikin kerusuhan di sana? Muslim juga banyak, tau!
Emang bener tuh artikel yg gw baca di Jakarta Post. Di Indonesia itu, toleransi yg kita bangga2in itu palsu. Cuman sebatas permukaan doang. Dari kecil aja udah diajarin, bahwa agama lain itu bakal masuk neraka. Cuman agama kita yg masuk surga. Org lain itu sebenernya sesat! Kita yg paling bener. Kita yg paling pinter. Diam2 kita ngerasa paling superior dibanding agama lain. Kebayang gak sih lu? Palsu banget 'pertemanan' dan 'persaudaraan' yg ada!

Inget bergaul sama anak2 pengajian di Gron. Bukannya gw gak suka maen ama mreka, cuma pandangan2 yg kadang suka cupet itu lho yg bikin gerah. Seperti: Ya, emang org2 Kristen itu kafir. Tapi kita di depannya gak boleh bilang gitu, nanti tersinggung. Lah! Kaya mrk ga tau aja kalo disebut bgitu. Trus emangnya Islam itu ga kafir di mata mereka? Kalo buat gw sih Kafir itu yang mendustai Tuhan. Gw stuj ama Quraish Shihab aja deh, kalo umat Kristen itu di Quran sebenernya sebutannya adlh Ahli Kitab.
Jadi, sebenernya pas bergaul sama temen2 yg Kristen, dalam hati kita sbnernya bilang, ih elo kan kafir. Elo kan ga bakalan masuk surga. Sebnernya gw yg malah jadi tersinggung, kalo kebayang temen2 gw yg Kristen yg beribadah taat dan tulus, mrk udah dijudge gak bakal masuk surga. Gak tulus jadinya pertemanan antar agama tuh. Cuman di luarnya doang bermanis2. Gw tersinggung, kalo musti temenan dg ngitung2 masalh agama segala macem. Siapa yg berhak ngejudge itu semua? Kan Tuhan. Bukan kita. Belagu banget sih!

Huh Gie...mungkin elo emang musti mati muda, karena disayang Tuhan...I only hope there will be more and more and more people like you, in Indonesia especially!

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

jadi inget din...
mo tau gak betapa kadang orang2 bodoh yang membawa2 agama itu menyakiti orang lain tanpa negara ini mau peduli?
mau tau rasanya?

coba deh sekali kali hari jumat pas jam makan siang, makan di blok m.....
lo dengerin yang khotbah dengan pengeras suara dari arah pasar......hampir tiap minggu adalah orang yang kotbah dengan menjelekkan agama yang dengan terpaksa harus gue anut...(spesifik? KRISTEN!)

mau yang dari sisi gue?
carilah kebaktian yang diisi oleh orang2 dengan agama kristen yang bergereja dengan atas nama Bethany...deket2 aja...ntar juga lo diajak masuk ke agama mereka itu (sory...my christian is not like dat!)
gue tau nih agama...soalnya mereka pernah bagi2 brosur di PIM (mereka gak punya gereja, jadi dulu mereka pernah kebaktian di 21 pim) tentang apa itu agama bethany...sucks!!!!!!!!!!!!!

gue ngga against orang2 yang lebih beragama dari gue....sahabat2 terbaik gue adalah orang2 yang tiap kali khatam quran tiap puasa.

but, if god wont do anything about this, will this country do sumthing?

1:31 AM  

Post a Comment

<< Home