Thursday, May 19, 2005

Pi and Me

Gw tu lagi baca buku Life Of Pi. Belum selese sih, tp tadi gw rada nakal dg ngintip2 bagian2 tengah dan jadi keterusan. Soalnya bagian itu lucu dan menarik. Jadi, menceritakan ketika Pi yg berlatar belakang agama Hindu, mulai kenalan dg agama Kristen dan lalu Islam. Karena di setiap agama Pi menemukan kedamaian dan keindahannya masing2, dia pelajari dan ikuti ketiga agama itu dg rajinnya. Nah suatu waktu si Pastur, Imam dan Pandita tau kalo Pi melakukan itu. Marahlah mereka. Soalnya Pastur menganggap Pi umat Kristen taat, Imam taunya Pi Muslim yang soleh, si Pandita juga pikir Pi adalah penganut Hindu yang baik. Mereka bertiga ngedatengin ayahnya Pi dan marah2, trus mulai saling menjelekkan agama. Akhirnya Pi ditanya, kenapa alasannya melakukan itu. Pi yg merasa malu dan gak enak hati menjawab, aku hanya ingin mengasihi Tuhan (semacam itulah). Ketiga pemuka agama itu terdiam dan pulang.

Lucu, ngebaca bagaimana si Hindu menganggap Kristen itu, dan Kristen bilang Islam itu gimana, dan Islam bilang Hindu itu begitu, dsb dsb. Pada dasarnya sih, gw jg gak setuju dg orang yang memeluk semua agama. Karena agama itukan ajarannya emang beda-beda. Tapi itu kan hak mereka. Biar aja kalo dg itu mereka menemukan kedamaian dan kebenaran. Karena kalo gw bilang, orang memiliki kebenaran sendiri2. Asalkan keyakinan itu gak mengganggu dan merugikan orang lain, apa salahnya. Dan buat apa sih menghina-hina kebenaran yang diyakini orang lain. Itu gak bikin orang lain jadi tertarik akan kebenaran yg elu yakini, yg ada malah mereka jd tersinggung dan sakit hati. Toh, yang tau kebenaran yang PALING BENAR itu bukan kita, tapi Yang Maha Tahu di atas.

Keyakinan gw sendiri akan Islam jg ada prosesnya, biarpun gak segilak si Pi. Awalnya gw taunya yah, gw Muslim karena karena bokap nyokap jg Muslim. Trus gw menganggap semua agama itu ya sama aja pemikirannya. Cara doanya aja yg beda. Makanya, gw sekolah di sekolah Protestan dan Katolik, dan ikut pelajaran agamanya, gw nyante2 aja. Gw juga ga bisa ngaji sama sekali, walopun solat (2 kali sehari saja :P). Pas SMA, gw baru tau mengenai konsep Tuhan dalam Islam itu beda dg Kristen. Wah! Yang ada gw terkaget2, karena bg gw perbedaan itu beda banget! Tapi karena gw merasa udah Muslim dari sononya, gw terima aja perbedaan itu. Berarti kan gw harus ngikutin yg Islam dongs. Pas suasana Natal di sekolah, gw suka terngiri2 ngeliat pernak-pernik Natal punya temen2. Lucu2 gitu, apalagi kalo ngebayangin pohon2 Natal dg hiasannya. Gw pikir, coba Islam jg gitu ya...
Banyak juga kelakuan2 sebagian umat Islam yg buat gw gak asik banget. Misalnya khotbah di Masjid yg kenceng2 dan ngejelekin agama lain. Poligami. Trus rasa tersinggungnya yg gede banget, misalnya True Lies sempet dibrentiin pemutarannya, Arswendo ditangkep gara2 menghina Muhammad dlsb. Masjid yg tempat wudhu ama wcnya jorok banget. Banyak sih emang yang bikin gw bertanya2, kenapa kok gini, gitu, tp anyway spt yg gw blg gw dari sononya Islam ya udah.

Baru pas gw kuliah dan gw harus ngambil kuliah agama, yg mana mau ga mau Islam dong. Ditambah pula gw hrs ngaji. Waahhhhhhhhh parah banget tuh. Gw ternyata emang yang paling gak bisa. Jadilah daripada gw malu, gw mulai usaha belajar ngaji sendiri. Yg dari situ gw mulai baca2 buku2 ttg Islam. Bukan yg berat2, yg basic aja. Dan dari situ sebagian dari pertanyaan2 gw mulai terjawab. Dan gw mulai mencaritahu jwban dr pertanyaan2 gw yg lain. Dan gw mulai membandingkannya dg pengetahuan gw ttg agama Kristen (lumejen bok, mengingat gw belajar dr SD sampe SMA, baca Injil pula). Dan gw membiarkan pikiran dan hati gw yg memutuskannya.
Emang gampang banget, untuk males sama Islam, untuk berpandangan negatif tentangnya, karena ulah sebagian umatnya yg berpandangan sempit dan cuman mementingkan ritual dan tampilan luarnya aja. Tapi skrg gw tau, bhw ada sesuatu yg sgt indah di dalamnya. Dan yang membuat gak indah itu adalah sebagian manusianya, bukan ajarannya itu sendiri yang sempurna (bagi gw). Ya walopun pengetahuan gw cemen aja sihhhhh. Tapi now I know yg paling benar buat diriku ini. Dan gw bersyukur, gw pernah belajar di sekolah2 Kristen. Shg gw punya pilihan dan sudut pandang lain. Dan gw menghargai pandangan dan pemikiran mereka. Krn gw tau sebgn Muslim yg ngeliat dg sinis dan buruk sangka kepada org2 di luar keyakinan mereka.

Kadang2 gw suka kepikiran, andaikan gw lahir di keluarga Kristen. Dan dalam perjalanan gw menemukan perbedaan ajaran tadi, dan gw mulai mempelajari Islam. Apakah hasil keputusan gw akan sama? Apakah keputusan gw gak dipengaruhi oleh "kemudahan" lingkungan gw?.....Anyway, gak perlu jg mikiran begituan kale! Yg penting buat gw sekarang, Islam bukan cuman tempelan di diri gw yg diwarisi dari nenek moyang, tapi bener2 dari hati gw. Syuuiiit swiiiiwwww....

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

wooowww sungguh dalam pembahasannya.... hehehehehhehehee

5:27 AM  
Blogger wewe said...

uhuhuhu...jd malu...dah lama sih gw pgn nulis ttg ini, apalagi pas baca life of pi itu tuhhh

8:28 PM  

Post a Comment

<< Home