Monday, May 16, 2005

Spanglish

Hari Minggu kemaren gw nonton film Spanglish, made by James L. Brooks, director of As Good As It Gets. I like it a lot. Emang sih ga sebagus AGAIG, tp dibalik ceritanya yang sederhana itu tetep aja istimewa. Jadi, ada seorang cw meksiko yg cantik banget (pokonya selalu dilirik cowok deh), Flor namanya, dg anak pre-teen-nya bernama Christina, yg lebih cantik lagi. Mereka berdua pergi ke Amerika karena Flor mo cari kerja di sana. Mrk tinggal di kalangan Hispanik Amerika, jadi si Flor tetep aja ga bisa ngomong Inggris. Suatu kali, Flor dpt kerjaan jd housekeeper di keluarga Amerika yg terdiri dari bapak baik (Adam Sandler ni) yg kerja jadi chef, ibu yang orgnya sgt parno dan hysterical, nenek yg rada alkoholik tapi baik hati, Bernice anak perempuan yg gemuk tapi asyik, trus adek cowok (lupa namanya). Nah dari situ terjadi deh perbenturan kebudayaan. Parahnya, si Flor kan ga bisa bhs Inggris sama sekali, jadi sering banget terjadi salah paham. Maka kelucuan2 terjadi, sekaligus juga ada pelajarannya di balik itu gitu lho.

Yang paling pengen gw highlight di sini adalah kisah antara si Flor dan si Adam Sandler (lupa lagi namanya). Biasanya, kalo di film2 dg setting keluarga dg pelayan cantik, pasti terjadi affair kan( contoh: The Nanny sama...Inem si Pelayan Sexy. Huehehe). Di Spanglish ini, si ibu (Tea Leoni nih yg main, lagi2 lupa namanyaaaaa) tuh orgnya freaky banget, parno2 gak perlu, nyalahin diri sendiri tapi gak sensitif, ngeselin gitu dehhhhhh. Dia tuh kayanya identity crisis mulu. Padahal si Adam Sandler selalu ngemong, pengertian, caring gitu. Bukannya bersyukur dpt suami yg baik, si Tea malah affair ama cowok lain, yg bikin dia nangis2 dan menyesal sendiri *emoticon putar bola mata*. Sementara, si Flor ini malah keliatan lebih bijaksana, ngerti masalah2 dari anak2 mereka, dan biarpun emosional, gak malu mengaku kalo salah. Wajar dong kalo si AdamS mulai jatuh cinta ama cw yg cantik seksi nan baik hati ini. Sebaliknya, Flor yg tadinya kasian ngeliat AdamS ini yg selalu direpotin ama ulah istrinya, lama2 jatuh cinta juga. Puncaknya waktu Tea mengaku dia selingkuh, dan Adamnya marah. Kebetulah pas dia keluar, si Flor jg mau pulang, maka diantarlah si Flor ke halte bis pake mobil. Tapi trus sama Adam, Flor dibawa ke restorannya dan mau dimasakin dinner. Flor menolak masuk, karena dia bilang, "It's gonna be a sin" (oh yah, Flor mulai belajar Inggris dikit2 di akhir2 cerita). Akhirnya sih dia masuk juga, karena kasian dan emang cinta kalee..Dari situ bisa ketebak dong, akhirnya kissing terjadi. Tapi yg bikin gw seneng ama ini film, pada saat2 paling romantis dan si Flor akhirnya bilang, "I love you", setelah itu dia justru pergi dan akhirnya bener2 gak terjadi apa2. Maksud gw, coba kalo di film2 lain...pasti deh mereka make out and love in the end :P.

Endingnya, Flor quit the job. Keputusan ini membuat Christina, anaknya, bete setengah mati (karena Christina ini jadi kesayangannya Tea dan selalu dimanja abis, yg mana membuat Bernice, anak aslinya Tea jd sedih. Tp itu twist lain dari film ini yg ga akan gw bahas). Dan akhirnya, Flor berpisah dg si Adam dg affectionate hug, yg mana kalo menurut gw membuatnya jd lbh "dalem" dibanding kalo mereka kissing dg hot misalnya.

Di tengah selingkuh2 yg digampangin banget di era sekarang, moral dari film ini bagus banget deh. Gw suka sama karakternya Flor, devoted Catholic tapi gak digambarin kaku dan sok suci. Dan dia jg cantik dan seksi, tapi berprinsip dan gak gatel ama cowo2. Semoga, perselingkuhan gak jadi trend lagi...tau gak sih, itu namanya bersenang2 di atas kehancuran hati orang lain. And I don't believe you can build a true love out of that.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home